• Alamat

    Jl. Manunggal V Desa Ujung Kubu Kec. Nibung Hangus

PT. BANK SUMUT SIAP FASILITASI APPLICATION PROGRAMMING UNTERFACE (API)

  • Home
  • Detail berita
PT. BANK SUMUT SIAP FASILITASI APPLICATION PROGRAMMING UNTERFACE (API)
  • 25 Februari 2022
  • 7536 Kali

PT. BANK SUMUT SIAP FASILITASI APPLICATION PROGRAMMING UNTERFACE (API)

Dinas Pendidikan|| Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd. mengatakan bahwa sejak Pandemi Covid-19 Disdik Kabupaten Batu Bara banyak memanfaatkan digitalisasi dalam bidang pendidikan, selain dalam pembelajaran juga yang tak kalah menariknya adalah keterbukaan dalam penerimaan dan pemanfaatan serta pelaporan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk semua jenjang yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Kabupaten Batu Bara.

Hal tersebut disampaikan Ilyas Sitorus saat mengawali diskusi bersama Tim DDJ dan Tim IT bertempat di Lt. 6 Gedung PT. Bank Sumut Jl. Zainul Arifin/Imam Bonjol Medan, Kamis, 24/02/2022.

Lebih lanjut Ilyas memaparkan Aplikasi simpelbos.diadikbatubarakab mulai dalam penyusunan Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah sampai kepada pelaksanaan dan pelaporan dana BOS sudah memanfaatkan teknologi berbasis Aplikasi sehingga satuan pendidikan tidak perlu harus datang ke Disdik. Demikian juga dengan penarikan dana BOS di Bank Penyalur sudah dilakukan dengan berbasis Aplikasi, oleh karenanya Kepala sekolah/Bendahara tidak mesti ke Kantor Disdik, namun persyaratan untuk penarikan dana tersebut sudah tersistem dari Aplikasi simpelbos.disdikbatubarakab, terang Ilyas.

Mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan setdaprovsu ini juga mengemukakan Bank Sumut selaku penyalur cukup melakukan validasi saja pada 6 (enam) digit terakhir dari surat rekomendasi tersebut dan surat rekomendasi itu hanya berlaku selama 12 jam, selebihnya UPT wajib mengajukan kembali dengan tetap berbasis Aplikasi, ucap sosok yang dikenal sangat akrab dengan para wartawan ini.

Ditambahkan Ilyas bahwa pemerintahan yang memanfaatkan digitalisasi akan efisiensi biaya dan waktu dalam pelayanan publik dengan demikian pelayanan publik kepada masyarakat menjadi lebih cepat termasuk dilingkungan pendidikan.

Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M. AP., ungkap Ilyas selalu menekankan kepada semua OPD untuk memanfaatkan dan terbiasa dengan teknologi digitalisasi. Menurut Zahir lanjut Ilyas, digitalisasi berarti merubah sesuatu menjadi digital dalam memanfaatkan teknologi. Digital dapat bermacam-macam, mulai dari digital pelayanan, laporan, pemasaran dan lainnya. "Disaat pandemi COVID-19 ini, digital harus dimanfaatkan sebaik mungkin diberbagai sektor termasuk sektor pendidikan", sebut Ilyas menirukan yang selalu disampaikan Zahir.

Nah terkait itulah, tegas pria yang akrab disapa Ncek atau Ncekku, Kami datang ke Kantor Pusat PT. Bank Sumut di Medan agar apa yang Kami harapkan melalui Surat Kami Nomor 420/2567-SRi tanggal 15 November 2021 lalu dapat ditindaklanjuti setelah diskusi kita hari ini.

Surat itu jelas Kandidat Penyandang Gelar Doktor Manajemen Pendidikan Unimed ini hanya meminta kepada PT Bank Sumut untuk memberikan izin mengintegrasikan pencatatan rekening koran satuan pendidikan yang menjadi kewenangan Kabupaten Batu Bara melalui aplikasi yang telah terbangun dapat terkoneksi sehingga memudahkan dan membantu sekolah dalam melakukan pelaporan penerimaan dan penarikan dana BOS, sedangkan rencana dan penggunaannya serta pelaporannya Disdik Batu Bara sudah melakukannya melalui bantuan aplikasi yang konsekwensinya satuan pendidikan tidak lagi perlu datang ke Dinas dalam urusan dana BOS termasuk penarikan dari Bank Penyalur sudah terkonek.

Sementara Hottua Samosir selaku tim IT Disdik Batu Bara mengatakan jika permohonan Disdik Kabupaten Batu Bara dapat disetujui PT. Bank Sumut, maka sekolah kedepan tidak perlu lagi melakukan pencatatan jika terjadi transaksi yang di lakukan sekolah. Hal yang terjadi di Bank Sumut pada saat yang bersamaan juga, itu yang terjadi di aplikasi Disdik. Dengan demikian kerja sekolah hanya tinggal mencatatkan di buku pembantu Kas dan buku pembantu Pajak, terang Samosir.

Kami, Disdik akan siap menyesuaikan kebutuhan dalam menampung pencatatan yang dilakukan oleh PT. Bank Sumut, tambah Samosir.

Sebelumnya Pemimpin Bidang PPK DDJ PT. Bank Sumut, Sabar Ginting menyambut baik rencana ini dan sekaligus menyampaikan permohonan ma'af atas Surat Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara baru ini Kita duduk bersama membahasnya, Kami akan segera menindakanjutinya, apalagi Kami hadir bersama kawan-kawan yang memang membidangi ini. Kami akan fasilitasi API (Application Programming Interface) Awal Maret 2022 apa yang diharapkan dalam surat Disdik dan diskusi hari ini akan segera direalisasikan, sebut Sabar Ginting.

Selanjutnya Pihak PT. Bank Sumut berharap secara bertahap penggunaan Dana BOS akan dilakukan dengan transaksi Non Tunai dan pihak PT. Bank Sumut akan mengagendakan pengembangan aplikasi simpelbos disdikbatubarakab sebagai ujicoba di Sumatera Utara, sebut Pemimpin Dana Dan Jasa PT. Bank Sumut, Budi Ansari Nasution.

Hadir dalam diskusi tersebut selain Kadisdik Batu Bara Ilyas Sitorus, S.E., M.Pd. yang didampingi Tim IT Hottua Samosir,  juga turut bersama Pemimpin Divisi Dana Dan Jasa, Budi Ansari Nasution, Pemimpin Bidang PPK DDJ, Sabar Ginting, Pemimpin Seksi Operasional PT BankSumut KC Lima Puluh, Djoko Purwono, Manager Divisi DDJ, Rosmidi, Profesional Manager DDJ, Harry Alshufie, Profesional Manager TI, Fernando Sebayang, Profesional Assisten DJJ, Ikhsan Dolok Siregar dan staf pendukung Divisi DDJ PT. Bank Sumut Kantor Pusat Medan.