• Alamat

    Jl. Manunggal V Desa Ujung Kubu Kec. Nibung Hangus

Kadisdik Ilyas S Sitorus : Batu Bara di Usia 15 Tahun, Batubara Bisa!!!

  • Home
  • Detail berita
Kadisdik Ilyas S Sitorus : Batu Bara di Usia 15 Tahun, Batubara Bisa!!!
  • 09 Desember 2021
  • 7891 Kali

Kadisdik Ilyas S Sitorus : Batu Bara di Usia 15 Tahun, Batubara Bisa!!!

DISDIK || Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik ) Kab. Batu Bara, Ilyas Sitorus yang akrab dengan Panggilan Ncek (Ncekli) melalui WA nya ke berbagai media mengucapkan Selamat Ulang Tahun Hari Jadi Kab. Batu Bara yang ke 15 Tahun 2021.

Ilyas Sitorus dalam kata pengantarnya antara lain menyebutkan, Kab. Batu Bara kini, bila diibaratkan seorang manusia, sudah menganjak akil baligh. 15 Tahun sebagian besar para remaja telah mencapai akil baligh. 

 

Ini artinya menurut Ilyas, Kab.Batu Bara sudah tak bisa bermain-main lagi sebagaimana harapan Bupati Batu Bara, Ir. H. Zahir, M.AP., "OPD bekerja jangan terperangkap dengan rutinitas, jangan menjadi pengikut yang sudah tertulis pada daftar kegiatan Dinas/Badan saja, lakukan  pengembangan, lakukan inovasi-inovasi mengejar dan melampaui ketertinggal kita dengn cara-cara berkolaborasi, berkomunikasi, berfikir lebih kritis gandeng lintas OPD", tiru Ilyas.

Masih menurut Mantan Kepala Biro Humas Keprotokolan Setdaprovsu ini, kita sama mengetahui bahwa berdirinya Kab. Batu Bara berdasarkan keinginan seluruh masyarakat Batu Bara yang sangat berhasrat untuk mandiri, lepas atau terpisah dari Kabupaten Induk yaitu Kabupaten  Asahan. Keinginan yang telah cukup lama bagi masyarakat Batu Bara untuk berkabupaten sendiri itu, kini telah terujud. Dan saat ini di bawah kepemimpinan Bupati Bapak Ir. H.Zahir M.AP.,  Mari kita dukung slogan Bupati,  *Batu Bara Bisa..!* Kata Ilyas penuh semangat. 

 
 

Bidang Pendidikan.

Sesuai dengan tupoksinya, Kadis yang dikenal sangat dekat dan akrab dengan para wartawan ini menyatakan,, yang ada dalam pikirannya saat ini adalah; Bisa..!, dalam pencapaian kemajuan bidang pendidikan. Anggaran ya merupakan salah satu faktor pendukung, tapi bukan segala galanya, manfaatkan saja anggaran yang ada dengan baik bersama kawan-kawan sekolah dibawah koordinasi Dinas Pendidikan mulai TK/Paud, SD dan SMP yang menjadi kewenangan Kabupaten Bati Bara, Cetus Ilyas. 

 

Pendidikan merupakan aspek penting pembangunan yang dapat menjadi pemicu berkembangnya pembangunan bidang lainnya, sehingga memungkikan masyarakat Batu Bara Tanah Bertuah ini khususnya dan umumnya Indonesia semakin siap menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Atas dasar hal tersebut, kita Batu Bara ini sebagaimana dalam salah satu Visi Misi Bupati Batu Bara Ir  H. Zahir M. AP., yaitu *Menjadikan Masyarakat Kabupaten Batu Bara Masyarakat Industri yang sejahtera, mandiri, dan berbudaya* kesemua ini harus melalui pendidikan. Makanya Pak Bupati, Zahir memiliki komitmen yang kuat untuk menempatkan pembangunan pendidikan sebagai prioritas dalam pembangunan.

Oleh karenanya dengan keterbatasan saat ini Pak Bupati terus menyarankan dan mendorong bagaimana meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap layanan pendidikan dan bagaimana mewujudkan pendidikan yang bermutu untuk semua warga masyarakat Batu Bara. Dalam hal ini, diperlukan model layanan pendidikan yang inovatif, kreatif, dan partisipatif dengan memperhatikan kondisi kecamatan kita di Batu Bara dan mengacu pada pencapaian standar pendidikan yang telah ditetapkan secara nasional.

“Kabupaten Batu Bara memiliki potensi dan tugas yang besar untuk menyejahterakan masyarakatnya, sehingga diperlukan suatu upaya untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu mengelola berbagai potensi daerah tersebut secara lebih sistemik dan berkelanjutan,” ujar Kadisdik Ilyas Sitorus Kandidat Doktor Management Bidang Pendidikan Universitas Negeri Medan ini. 

 

“Bidang pendidikan inilah sebenarnya tolok ukur dan ujung tombak kemajuan sebuah daerah bahkan negara. Perhatikan Jepang dan beberapa negara Eropa, mereka menjadi berhasil akibat keberhasilan dalam bidang pendidikan, khususnya pendidikan di bidang tehnologi. Kita pesimis dapat tercapai kemajuan, bila bidang pedidikan terabaikan” kata Kadisdik Batu Bara, Ilyas. 

 

Masih menurutnya, Meski Kab. Batu Bara baru beranjak baligh, istilahnya, tapi Alhamdulillah, dalan berbagai bidang pendidikan, Batu Bara tak mau ketinggalan dengan Kabupaten kota lainnya. Bahkan Batu Bara sudag banyak memanfaatkan digital dalam memberikan pelayanan kepada sekolah dan masyarakat seperti PPDB Online, Pemanfaatan dan pelaporan dana BOS dan BOP Kesetaraan, e-Dupak, e-Saspras, e-pelayanan, e-mentoring, e-supervisi e-MPG, e-Literasia dan lainnya. Semua itu unyuk membantu dan mempermudah kawan-kawan pengelola pendidikan di Kabupaten Bati Bara termasuk masyarakat yanh membutuhkan, katanya dengan haqqul yakin. 

 

Ditambahkannya pula, peran Bupati Batu Bara, Ir.H.Zahir M.Ap dalam mencapai kemajuan bidang pendidikan di Batu Bara, sangat besar dan luar biasa dukungannya walaupun dengan keterbatasan anggaran APBD kabupaten kami Batu Bara. “Dengan modal kekerabatan Bupati dimaksimalkannya baik di Sumut maulun pusat” Kata Ncekli mengakhiri komentarnya yang kita tuangkan dalam tulisan ini, sehubungan upcapan selamatnya atas Hari Jadi Kab. Batu Bara ke – 15, Tahun 2021.